MAQOLAH YANG KESEMBILAN |
|
(وَ)الْمَقَالَةُ
التَّاسِعَةُ |
"Dan Maqolah (perkataan) yang kesembilan (dari) Sufyan ats-Tsauri rahimahullah, yaitu beliau adalah guru dari Imam Malik: 'Setiap kemaksiatan itu' berawal 'dari syahwat', yaitu keinginan jiwa terhadap sesuatu, 'maka sesungguhnya diharapkan ampunan untuknya', yaitu kemaksiatan itu. 'Dan setiap kemaksiatan' berawal 'dari kesombongan', yaitu klaim akan keunggulan,
'maka sesungguhnya tidak diharapkan ampunan untuknya, karena kemaksiatan Iblis asalnya' yaitu kemaksiatan itu 'dari kesombongan'. Dia mengklaim bahwa dirinya lebih baik dari Nabi Adam alaihissalam. 'Dan' karena 'kesalahan' Nabi Adam alaihissalam
'asalnya dari syahwat', disebabkan keinginannya untuk mencicipi buah pohon yang dilarang'." |
|
(وَ)الْمَقَالَةُ
التَّاسِعَةُ
(عَنْ سُفْيَانَ
الثَّوْرِيِّ
رَضِيَ
اللَّهُ
عَنْهُ) وَهُوَ
شَيْخُ
الإِمَامِ
مَالِك
(كُلُّ
مَعْصِيَةٍ)
نَاشِئَةٌ
(عَنْ
شَهْوَةٍ)
أَيِ
اشْتِيَاقِ
النَّفْسِ
إِلَى
شَيْءٍ (فَإِنَّهُ
يُرْجَى
غُفْرَانُهَا)
أَيِ الْمَعْصِيَةِ
(وَكُلُّ
مَعْصِيَةٍ)
نَشَأَتْ (عَنْ
كِبْرٍ) أَيْ
دَعْوَى
الْفَضْلِ
(فَإِنَّهُ
لَا يُرْجَى
غُفْرَانُهَا
لِأَنَّ مَعْصِيَةَ
إِبْلِيسَ
كَانَ
أَصْلُهَا)
أَيِ الْمَعْصِيَةِ
(مِنَ
الْكِبْرِ)
يَزْعُمُ أَنَّهُ
خَيْرٌ مِنْ
سَيِّدِنَا
آدَمَ (وَ) لِأَنَّ
(زَلَّةَ)
سَيِّدِنَا
(آدَمَ)
عَلَيْهِ السَّلَامُ
(كَانَ
أَصْلُهَا
مِنَ
الشَّهْوَةِ)
بِسَبَبِ
اشْتِيَاقِهِ
إِلَى
ذَوْقِ ثَمَرَةِ
شَجَرَةِ
الشَّهْوَةِ
الْمَنْهِيِّ
عَنْهَا. |
|
|
|
Penjelasan Singkat Intinya, hadits ini menjelaskan dua akar utama dari
kemaksiatan:
Hadits ini juga membandingkan dosa Adam dan Iblis:
Kesimpulan: Hadits ini menyadarkan kita bahwa kita harus
selalu berhati-hati terhadap godaan syahwat dan kesombongan. Kedua sifat ini
jika tidak dikendalikan dapat membawa kita pada perbuatan maksiat dan jauh dari rahmat
Allah. |
|
الخُلاصة: يُلَخِّصُ
هَذَا
الْحَدِيثُ
أُصُولَ
الْمَعَاصِي
فِي
أَمْرَيْنِ
جَوْهَرِيَّيْنِ:
ويُقَارِنُ
الْحَدِيثُ
بَيْنَ
ذَنْبِ آدَمَ
عَلَيْهِ
السَّلَامُ
وَذَنْبِ
إِبْلِيسَ
اللَّعِينِ،
فَالأَوَّلُ
نَابِعٌ
مِنَ الشَّهْوَةِ،
والثَّانِي
مِنَ
الْكِبْرِ. الِاسْتِنْتَاج: يَحْذِرُنَا
هَذَا
الْحَدِيثُ
مِنْ مَغْبَةِ
الانْقِيَادِ
لِلشَّهْوَةِ
وَالْكِبْرِ،
إِذْ
أَنَّهُمَا
مِنْ
أَسْبَابِ
الْوُقُوعِ
فِي
الْمَعَاصِي
وَالْبُعْدِ
عَنِ اللَّهِ
تَعَالَى. |
|
|
|
Intinya, maqolah ini
memberikan kita pemahaman mendalam tentang akar penyebab kemaksiatan. Maqolah ini mengajarkan
kita bahwa:
Perbandingan Dosa Adam dan Iblis: Hadits ini juga membandingkan
dosa yang dilakukan oleh Nabi Adam dan Iblis. Keduanya melakukan kesalahan, namun dengan motif yang berbeda:
Mengapa penting memahami
hadits ini? Dengan memahami hadits
ini, kita dapat:
|
|
الخُلَاصَة: يُعْطِينَا
هَذَا
الْقَوْلُ
فَهْمًا
وَاسِعًا
لِأَصُولِ
الْمَعَاصِي. يُعَلِّمُنَا
هَذَا
الْقَوْلُ
أَنَّ:
مُقَارَنَةٌ
بَيْنَ
ذَنْبِ
آدَمَ
وَإِبْلِيس: يُقَارِنُ
هَذَا
الْقَوْلُ
بَيْنَ
الذَّنْبِ
الَّذِي
ارتَكَبَهُ
آدَمُ
وَإِبْلِيس،
فَقَدْ
أَذْنَبَا
كِلَاهُمَا
لَكِنْ بِدَوَاعٍ
مُخْتَلِفَةٍ:
لِمَ
هُوَ
مُهِمٌّ
أَنْ
نَفْهَمَ
هَذَا الْقَوْلَ؟ بِفَهْمِ
هَذَا
الْقَوْلِ
نَسْتَطِيعُ
أَنْ:
|
|
|
|
|
|
|