Maqolah ke VIII |
||
"Dan artikel yang kedelapan
adalah tentang Al-A'mash, yang namanya adalah Sulaiman bin Mihran Al-Kufi (semoga
Allah meridhoinya): Barang siapa
yang modal utamanya adalah
takwa, maka lisan-lisan tidak mampu menggambarkan keharuman agamanya. Dan barang siapa yang modal utamanya adalah dunia, maka lisan-lisan tidak mampu menggambarkan
kerugian agamanya. Artinya: Barang siapa yang berpegang pada takwa dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi dosa dengan mendasarkan tindakannya pada kesesuaian dengan syariat, maka ia akan memiliki banyak kebaikan yang tidak terhitung jumlahnya. Dan barang siapa yang berpegang pada perkara-perkara yang bertentangan dengan syariat, maka ia akan memiliki banyak keburukan yang lisan-lisan tidak mampu menyebutkannya dengan jumlah." |
|
(وَ)
الْمَقَالَةُ
الثَّامِنَةُ
عَنِ الْأَعْمَشِ،
اسْمُهُ
سُلَيْمَانُ
بْنُ مِهْرَانَ
الْكُوفِيُّ
(رَضِيَ
اللَّهُ
عَنْهُ):مَنْ
كَانَ
رَأْسُ
مَالِهِ
التَّقْوَى
كَلَّتِ
الْأَلْسُنُ
عَنْ وَصْفِ
رِيحِ دِينِهِ،
وَمَنْ
كَانَ
رَأْسُ
مَالِهِ
الدُّنْيَا
كَلَّتِ
الْأَلْسُنُ
عَنْ وَصْفِ
خُسْرَانِ
دِينِهِ. وَالْمَعْنَى:
مَنْ
تَمَسَّكَ
عَلَى التَّقْوَى
بِامْتِثَالِ
أَوَامِرِ
اللَّهِ تَعَالَى
وَاجْتِنَابِ
الْمَعَاصِي
بِأَنْ أَسَّسَ
أَفْعَالَهُ
بِمُوَافَقَاتِ
الشَّرْعِ،
فَلَهُ
حَسَنَاتٌ
كَثِيرَةٌ
لَا تُحْصَى،
وَمَنْ
تَمَسَّكَ
عَلَى
أُمُورٍ مُخَالِفَاتٍ
لِلشَّرْعِ،
فَلَهُ
سَيِّئَاتٌ
كَثِيرَةٌ
عَجَزَتِ
الْأَلْسُنُ
عَنْ ذِكْرِ
ذَلِكَ
بِالْعَدَدِ. |
|
|
|
Teks di atas menyampaikan pesan mendalam tentang dua pilihan utama dalam hidup manusia: takwa sebagai modal utama atau dunia sebagai modal. Kedua pilihan ini membawa konsekuensi berbeda baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. |
|
النَّصُّ
المَذْكُورُ
أَعْلَاهُ
يَحْمِلُ
رِسَالَةً
عَمِيقَةً
عَنْ
خِيَارَيْنِ
رَئِيسِيَّيْنِ
فِي حَيَاةِ
الإِنْسَانِ:
التَّقْوَى
كَرَأْسِ
المَالِ
الرَّئِيسِيِّ
أَوْ
الدُّنْيَا
كَرَأْسِ
المَالِ.
وَكُلُّ
مِنْ
هَذَيْنِ
الخِيَارَيْنِ
لَهُ عَوَاقِبُ
مُخْتَلِفَةٌ
سَوَاءً فِي
الحَيَاةِ
الدُّنْيَا
أَوِ
الآخِرَةِ. |
|
|
|
1. Penjelasan Makna Teks tersebut menggambarkan bahwa seseorang yang menjadikan takwa sebagai modal utama dalam hidupnya,
maka segala pujian dan sanjungan atas kebaikan hidupnya tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Takwa, yang diartikan
sebagai kesadaran penuh kepada Allah dan ketaatan dalam menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya, menjadi sumber kebaikan dan keberkahan yang melimpah. Kebaikan tersebut begitu luas dan agung sehingga كَلَّتِ
الْأَلْسُنُ
عَنْ وَصْفِ
رِيحِ دِينِهِ (lidah menjadi tidak mampu menggambarkan
harum dan kemuliaan agamanya). Sebaliknya, bagi mereka yang menjadikan dunia sebagai tujuan utama, kehidupan mereka akan dipenuhi dengan kerugian yang begitu besar sehingga tidak terhitung. كَلَّتِ
الْأَلْسُنُ
عَنْ وَصْفِ
خُسْرَانِ
دِينِهِ (lidah menjadi
lelah untuk menggambarkan betapa besar kerugian agamanya). Hal ini menggambarkan bahwa seseorang yang hidupnya berorientasi pada dunia dan materi,
ia akan mengalami kebangkrutan
spiritual dan kehilangan kebaikan
di dunia maupun di akhirat. |
|
١. شَرْحُ
المَعْنَى يَصِفُ
النَّصُّ
أَنَّ مَنْ
يَجْعَلُ
التَّقْوَى
رَأْسَ
مَالِهِ فِي
حَيَاتِهِ،
فَإِنَّ
كُلَّ الثَّنَاءِ
وَالإِشَادَةِ
بِحَيَاتِهِ
الطَّيِّبَةِ
لا يُمْكِنُ
وَصْفُهُ
بِالكَلِمَاتِ.
فَالتَّقْوَى،
الَّتِي
تُفَسَّرُ بِأَنَّهَا
الوَعْيُ
الكَامِلُ
بِاللهِ وَطَاعَتُهُ
فِي
أَوَامِرِهِ
وَاجْتِنَابُ
نَوَاهِيهِ،
تَصْبِحُ
مَصْدَرًا
لِلْخَيْرِ
وَالبَرَكَةِ
الوَفِيرَةِ.
هَذَا الخَيْرُ
وَاسِعٌ
وَعَظِيمٌ
لِدَرَجَةِ
أَنَّ
"كَلَّتِ
الأَلْسُنُ
عَنْ وَصْفِ
رِيحِ دِينِهِ"
(عَجَزَتِ
الأَلْسِنَةُ
عَنْ وَصْفِ
رَائِحَةِ
دِينِهِ
العَطِرَةِ
وَفَضْلِهِ). وَعَلَى العَكْسِ مِنْ ذَلِكَ، مَنْ يَجْعَلُ الدُّنْيَا غَايَتَهُ الرَّئِيسِيَّةَ، فَإِنَّ حَيَاتَهُ سَتَكُونُ مَلِيئَةً بِالخَسَارَةِ الكَبِيرَةِ الَّتِي لا تُحْصَى. "كَلَّتِ الأَلْسُنُ عَنْ وَصْفِ خُسْرَانِ دِينِهِ" (عَجَزَتِ الأَلْسِنَةُ عَنْ وَصْفِ عَظَمَةِ خُسْرَانِ دِينِهِ). هَذَا يُبَيِّنُ أَنَّ مَنْ تَكُونُ حَيَاتُهُ مُرْتَكِزَةً عَلَى الدُّنْيَا وَالمَادِّيَّاتِ، فَإِنَّهُ سَيُعَانِي مِنَ الإِفْلَاسِ الرُّوحِيِّ وَيَخْسَرُ الخَيْرَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ |
|
|
|
2.
Dalil Al-Qur'an Dalam
Al-Qur'an, Allah banyak menyebutkan
tentang keutamaan takwa dan bahayanya cinta dunia secara berlebihan: Takwa
sebagai modal utama disebutkan dalam firman Allah: "إِنَّ
أَكْرَمَكُمْ
عِندَ
اللَّهِ
أَتْقَاكُمْ" "Sesungguhnya orang yang paling mulia
di antara kalian di sisi
Allah adalah yang paling bertakwa
di antara kalian." (QS. Al-Hujurat:
13) Ayat
ini menegaskan bahwa kemuliaan seorang hamba di hadapan Allah bukan ditentukan oleh harta, kedudukan, atau hal-hal duniawi lainnya, melainkan oleh takwa. Cinta
dunia diperingatkan dalam
firman Allah: "وَمَا
هَذِهِ
الْحَيَاةُ
الدُّنْيَا
إِلَّا
لَهْوٌ
وَلَعِبٌ
وَإِنَّ
الدَّارَ
الْآخِرَةَ
لَهِيَ
الْحَيَوَانُ
لَوْ
كَانُوا يَعْلَمُونَ" "Dan
tiadalah kehidupan dunia ini selain dari
main-main dan senda gurau
belaka. Dan sesungguhnya
kampung akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui." (QS. Al-Ankabut:
64) Ayat
ini menegaskan bahwa kehidupan dunia hanyalah permainan dan kesenangan sesaat, sementara kehidupan akhirat adalah yang sesungguhnya dan kekal. |
|
٢. الأَدِلَّةُ
مِنَ
القُرْآنِ
الكَرِيمِ ذَكَرَ
اللهُ
تَعَالَى
فِي
القُرْآنِ
الكَرِيمِ
مِرَارًا
فَضْلَ
التَّقْوَى
وَخَطَرَ
حُبِّ
الدُّنْيَا
المُفْرِطِ: التَّقْوَى
كَرَأْسِ
مَالٍ
رَئِيسِيٍّ
وَرَدَ فِي
قَوْلِهِ
تَعَالَى: "إِنَّ
أَكْرَمَكُمْ
عِندَ
اللَّهِ
أَتْقَاكُمْ" "إِنَّ
أَكْرَمَكُمْ
عِندَ
اللَّهِ
أَتْقَاكُمْ."
(سُورَةُ
الحُجُرَاتِ:
١٣) يُؤَكِّدُ
هَذَا
الآيَةُ
أَنَّ
كَرَامَةَ العَبْدِ
عِنْدَ
اللهِ
لَيْسَتْ
بِالمَالِ
أَوِ
المَكَانَةِ
أَوْ
غَيْرِهَا
مِنَ الأُمُورِ
الدُّنْيَوِيَّةِ،
وَإِنَّمَا
بِالتَّقْوَى. حُبُّ
الدُّنْيَا
وَرَدَ
التَّحْذِيرُ
مِنْهُ فِي
قَوْلِهِ
تَعَالَى: "وَمَا
هَذِهِ
الْحَيَاةُ
الدُّنْيَا
إِلَّا
لَهْوٌ
وَلَعِبٌ
وَإِنَّ
الدَّارَ
الْآخِرَةَ
لَهِيَ
الْحَيَوَانُ
لَوْ
كَانُوا يَعْلَمُونَ" "وَمَا
هَذِهِ
الحَيَاةُ
الدُّنْيَا إِلَّا
لَهْوٌ
وَلَعِبٌ،
وَإِنَّ
الدَّارَ
الآخِرَةَ
لَهِيَ
الحَيَوَانُ
لَوْ كَانُوا
يَعْلَمُونَ."
(سُورَةُ
العَنْكَبُوتِ:
٦٤) يُوَضِّحُ
هَذَا
الآيَةُ
أَنَّ
الحَيَاةَ الدُّنْيَا
لَيْسَتْ
سِوَى
لَهْوٍ
وَلَعِبٍ،
أَمَّا
الحَيَاةُ
الآخِرَةُ
فَهِيَ الحَيَاةُ
الحَقِيقِيَّةُ
الأَبَدِيَّةُ |
|
|
|
3.
Hadis Nabi Muhammad SAW Nabi
Muhammad SAW juga banyak berbicara
tentang pentingnya takwa dan bahaya cinta dunia. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda: "مَنْ
جَعَلَ
الْهُمُومَ
هَمًّا
وَاحِدًا هَمَّ
الْمَعَادِ
كَفَاهُ
اللَّهُ
هَمَّ الدُّنْيَا،
وَمَنْ
تَشَعَّبَتْ
بِهِ الْهُمُومُ
فِي
أَحْوَالِ
الدُّنْيَا
لَمْ يُبَالِ
اللَّهُ فِي
أَيِّ
أَوْدِيَتِهَا
هَلَكَ" "Barang
siapa yang menjadikan akhirat sebagai satu-satunya tujuan utamanya, maka Allah akan mencukupi urusan dunianya. Dan barang siapa yang tujuan utamanya adalah dunia, maka Allah tidak peduli di lembah mana ia akan binasa." (HR. Ibnu
Majah) Hadis
ini menguatkan bahwa orientasi kepada akhirat akan membawa kebaikan di dunia, sementara orientasi kepada dunia akan menjerumuskan seseorang ke dalam kerugian. |
|
٣. الأَدِلَّةُ
مِنَ
السُّنَّةِ
النَّبَوِيَّةِ تَحَدَّثَ
النَّبِيُّ
مُحَمَّدٌ ﷺ
كَثِيرًا
عَنْ
أَهَمِّيَّةِ
التَّقْوَى
وَخَطَرِ
حُبِّ
الدُّنْيَا.
فَفِي
حَدِيثٍ نَبَوِيٍّ
شَرِيفٍ،
قَالَ
رَسُولُ
اللهِ ﷺ: "مَنْ
جَعَلَ
الْهُمُومَ
هَمًّا
وَاحِدًا
هَمَّ الْمَعَادِ
كَفَاهُ
اللَّهُ
هَمَّ
الدُّنْيَا،
وَمَنْ
تَشَعَّبَتْ
بِهِ
الْهُمُومُ
فِي أَحْوَالِ
الدُّنْيَا
لَمْ
يُبَالِ
اللَّهُ فِي
أَيِّ
أَوْدِيَتِهَا
هَلَكَ" "مَنْ
جَعَلَ
الهُمُومَ
هَمًّا
وَاحِدًا هَمَّ
المَعَادِ،
كَفَاهُ
اللهُ هَمَّ
الدُّنْيَا،
وَمَنْ
تَشَعَّبَتْ
بِهِ
الهُمُومُ
فِي
أَحْوَالِ
الدُّنْيَا
لَمْ
يُبَالِ اللهُ
فِي أَيِّ
أَوْدِيَتِهَا
هَلَكَ." (رَوَاهُ
ابْنُ
مَاجَه) يُؤَكِّدُ
هَذَا
الحَدِيثُ
أَنَّ
التَّوَجُّهَ
نَحْوَ
الآخِرَةِ
يَجْلِبُ
الخَيْرَ
فِي
الدُّنْيَا،
بَيْنَمَا
التَّوَجُّهُ
نَحْوَ
الدُّنْيَا
يُؤَدِّي
بِالمَرْءِ إِلَى
الخُسْرَانِ |
|
|
|
4.
Kalam Ulama Imam
Al-Ghazali dalam kitabnya
Ihya Ulumuddin menjelaskan bahwa takwa adalah inti dari segala kebajikan.
Menurutnya, manusia yang menjaga takwa akan terbebas dari segala macam
penyakit hati seperti riya', hasad, dan cinta dunia. Ia mengatakan: "الْقَلْبُ
لَا
يَصْلَحُ
إِلَّا
بِتَرْكِ الْعَطَفِ
عَلَى
الدُّنْيَا
وَالِانْقِطَاعِ
عَنْهَا" "Hati
tidak akan bisa lurus kecuali
dengan meninggalkan keterikatan kepada dunia dan memutuskan hubungan dengan kesenangan duniawi." Al-Junaid
Al-Baghdadi, seorang sufi
besar, mengatakan bahwa takwa adalah
jalan menuju ma'rifatullah (pengetahuan tentang Allah). Beliau berkata: "التَّقْوَى
هِيَ أَنْ
تَكُونَ
مَعَ اللهِ دَائِمًا" "Takwa
adalah engkau selalu bersama Allah." Artinya, orang yang bertakwa
adalah orang yang hatinya
selalu merasa diawasi oleh Allah dalam setiap gerak-geriknya, sehingga dia selalu menjaga adab dan perbuatannya sesuai dengan perintah Allah. Jalaluddin Rumi
juga banyak berbicara tentang perbedaan antara dunia dan akhirat. Dalam
salah satu syairnya, beliau berkata: "مَنْ
سَرَاهُ
الدُّنْيَا،
فِي
قَلْبِهِ سَوادٌ وَمَنْ
سَرَاهُ
التَّقْوَى،
نُورٌ فِي
الفُؤَادِ" "Barangsiapa yang dunia menjadi pelipur lara baginya, maka hatinya akan gelap. Namun, siapa yang meniti jalan takwa, cahaya akan memenuhi
hatinya." Syair
ini menguatkan bahwa ketergantungan pada dunia
akan menutup pintu hati seseorang
dari cahaya hidayah, sementara takwa akan membawa
cahaya ketenangan dan kebahagiaan hakiki. |
|
٤. كلام
العلماء يُبَيِّنُ
الإِمَامُ
الغَزَالِي
فِي كِتَابِهِ
"إِحْيَاءُ
عُلُومِ
الدِّينِ"
أَنَّ
التَّقْوَى
هِيَ
جَوْهَرُ
كُلِّ
الخَيْرَاتِ.
وَبِحَسْبِهِ،
فَإِنَّ
الإِنْسَانَ
الَّذِي
يُحَافِظُ
عَلَى
التَّقْوَى
سَيَتَخَلَّصُ
مِنْ كُلِّ
أَمْرَاضِ
القَلْبِ مِثْلَ
الرِّيَاءِ
وَالحَسَدِ
وَحُبِّ الدُّنْيَا.
وَقَالَ: "الْقَلْبُ
لَا
يَصْلَحُ
إِلَّا
بِتَرْكِ الْعَطْفِ
عَلَى
الدُّنْيَا
وَالِانْقِطَاعِ
عَنْهَا"أي "إِنَّ
القَلْبَ
لَا
يُمْكِنُ
أَنْ يَسْتَقِيمَ
إِلَّا
بِتَرْكِ
التَّعَلُّقِ
بِالدُّنْيَا
وَقَطْعِ
العَلَاقَةِ
مَعَ مُتَعِهَا
الدُّنْيَوِيَّةِ." وَقَالَ
الجُنَيْدُ
البَغْدَادِي،
وَهُوَ مِنْ
أَعْظَمِ
الصُّوفِيِّينَ،
إِنَّ التَّقْوَى
هِيَ
الطَّرِيقُ
إِلَى
مَعْرِفَةِ
اللهِ
(مَعْرِفَةُ
اللهِ).
وَقَالَ: "التَّقْوَى
هِيَ أَنْ
تَكُونَ
مَعَ اللهِ
دَائِمًا" أي "إِنَّ
التَّقْوَى
تَعْنِي
أَنْ يَكُونَ
الإِنْسَانُ
مَعَ اللهِ
فِي كُلِّ
وَقْتٍ." يَعْنِي
أَنَّ
الإِنْسَانَ
الَّذِي
يَتَّقِي
اللهَ هُوَ
الَّذِي
يَشْعُرُ
دَائِمًا بِأَنَّهُ
مَراقَبٌ
مِنْ قِبَلِ
اللهِ فِي كُلِّ
حَرَكَاتِهِ
وَسَكَنَاتِهِ،
وَمِنْ
ثَمَّ
يَحْرِصُ
عَلَى
تَصْرُفَاتِهِ
وَسُلُوكِهِ
بِمَا
يُوافِقُ
أَوَامِرَ
اللهِ. وَكَانَ
جَلَالُ
الدِّينِ
الرُّومِي
قَدْ تَحَدَّثَ
كَثِيرًا
عَنْ
الفَرْقِ
بَيْنَ الدُّنْيَا
وَالآخِرَةِ.
فِي إِحْدَى
قَصَائِدِهِ،
قَالَ: "مَنْ
سَرَاهُ
الدُّنْيَا،
فِي
قَلْبِهِ سَوَادٌ وَمَنْ
سَرَاهُ
التَّقْوَى،
نُورٌ فِي
الفُؤَادِ" أي "مَنْ
كَانَتِ
الدُّنْيَا
هِيَ
مَصْدَرَ
سَعَادَتِهِ،
فَسَيَكُونُ
فِي
قَلْبِهِ ظُلْمَةٌ.
أَمَّا مَنْ
سَارَ عَلَى
طَرِيقِ التَّقْوَى،
فَسَيَمْلَأُ
النُّورُ
قَلْبَه." هَذِهِ
الأَبْيَاتُ
تَدُلُّ
عَلَى أَنَّ
الاِعْتِمَادَ
عَلَى
الدُّنْيَا
سَيُغْلِقُ
بَابَ
القَلْبِ
عَنِ
الهِدَايَةِ،
فِي حِينَ
أَنَّ
التَّقْوَى
سَتَجْلِبُ
نُورَ السَّكِينَةِ
وَالسَّعَادَةِ
الحَقِيقِيَّةِ. |
5. Kesimpulan Kesimpulannya, takwa adalah modal utama dalam kehidupan seorang mukmin. Orang yang menjadikan takwa sebagai pegangan hidupnya akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan yang tidak bisa diukur dengan kata-kata, sebagaimana disebutkan dalam teks di atas. Sebaliknya, menjadikan dunia sebagai tujuan utama akan membawa seseorang kepada kehancuran dan kerugian yang besar, baik di dunia maupun di akhirat. Dalam menjalani kehidupan,
kita diingatkan untuk selalu menjadikan takwa sebagai landasan dalam setiap tindakan, mengingat bahwa dunia hanyalah sementara. Fokus pada akhirat dan menjaga takwa adalah jalan terbaik menuju kebahagiaan hakiki. |
|
٥. الخُلاصَة فِي
الخُلاصَةِ،
تَكُونُ
التَّقْوَى
هِيَ الرَّأْسُ
مَالُ
الرَّئِيسِيُّ
فِي حَيَاةِ
المُؤْمِنِ.
فَمَنْ
يَجْعَلُ
التَّقْوَى
مَبْدَأً
فِي
حَيَاتِهِ
سَيَحْصُلُ
عَلَى الخَيْرَاتِ
وَالبَرَكَاتِ
الَّتِي لَا
يُمْكِنُ
وَصْفُهَا
بِالكَلِمَاتِ،
كَمَا هُوَ مَذْكُورٌ
فِي
النَّصِّ
السَّابِقِ.
وَعَلَى
العَكْسِ،
مَنْ
يَجْعَلُ
الدُّنْيَا
هَدَفَهُ
الأَسَاسِيَّ،
فَإِنَّهُ
سَيُؤَدِّي
بِنَفْسِهِ
إِلَى
الهَلَاكِ
وَالخَسَارَةِ
العَظِيمَةِ،
سَوَاءٌ فِي
الدُّنْيَا
أَوْ
الآخِرَةِ. وَفِي
سَيْرِ
الحَيَاةِ،
نُذَكِّرُ
أَنَّنَا
يَجِبُ
عَلَيْنَا
دَائِمًا
أَنْ نَجْعَلَ
التَّقْوَى
أَسَاسًا
فِي كُلِّ
تَصَرُّفَاتِنَا،
وَنَتَذَكَّرُ
أَنَّ
الدُّنْيَا
زَائِلَةٌ.
فَالتَّرْكِيزُ
عَلَى الآخِرَةِ
وَالحِفَاظُ
عَلَى
التَّقْوَى
هُوَ الطَّرِيقُ
الأَفْضَلُ
لِلوُصُولِ
إِلَى السَّعَادَةِ
الحَقِيقِيَّةِ. |
|
|
|
*Di sampaikan
pada rutinan Majelis Wali
Santri Fathul Ulum malam Rabu legi 10 September 2024. |
Bab Tsuna'i || Maqolah Ke VIII || Kitab Nashoihul Ibad
Langganan:
Postingan (Atom)